Subscribe:

HARI MINGGU KITAB SUCI NASIONAL (1 September 2013)

ANTIFON PEMBUKA
     Engkau adalah Allahku, kasihanilah aku, ya Tuhanku, sebab kepada-Mulah aku berseru se-panjang hari. Sebab Engkau ya Tuhan baik dan suka mengampuni, dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.

SERUAN TOBAT / TUHAN KASIHANILAH KAMI,
KEMULIAAN
DOA PEMBUKA

I      Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang mahamurah, semua yang kecil hina, Kaujunjung tinggi. Meskipun kami papa miskin, namun Kaupanggil juga ikut serta dalam perjamuan-Mu. Kami mohon, jadilah tuan rumah yang ramah bagi kami. Berikanlah perhatian serta kegembiraan-Mu kepada siapa pun yang Kauundang. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami, yang bersama DiKau, dalam persatuan dengan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan se-panjang masa.
U Amin.



BACAAN PERTAMA

P Pembacaan dari  Kitab Putra Sirakh (Sir 3:19-21. 30-31)

Anakku, lakukanlah pekerjaanmu dengan sopan, maka engkau akan lebih disayangi daripada orang yang ramah-tamah. Makin besar engkau, patutlah makin kaurendahkan dirimu, supaya engkau mendapat karunia di hadapan Tuhan. Sebab besarlah kekuasaan Tuhan, dan oleh yang hina-dina Ia dihormati. Kemalangan tidak menyembuhkan orang sombong, sebab tumbuhan keburukan berakar di dalam dirinya. Hati yang arif merenungkan amsal, dan telinga yang pandai mendengar merupakan idaman orang bijak.

P Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN       Mzm 68: 4-5ac.6-7ab. 10-11;Ul: lh. 11b   mi= fis 4/4, PS No. 816
Reff :  5 | 5  j.5 j43 j45 | 3  j.5 j45 j31|u  j1u 1  4 | 3 . . . +                                 
      Tuhan       mendengarkan     do- a   o-rang    ber-i      -        man.

Ayat :   1. Orang-orang benar bersukacita,
     mereka beria-ria di hadapan Allah,
     bergembira dan bersukacita. Bernyayilah bagi Allah,
     bermazmurlah bagi nama-Nya! Nama-Nya ialah Tuhan;
     beria-rialah di hadapan-Nya!

 2. Bapa bagi anak yatim dan pelindung bagi para janda,
     itulah Allah di kediaman-Nya yang Kudus;
     Allah memberi tempat tinggal kepada orang-orang sebatang kara,
     Ia mengeluarkan orang-orang tahanan, sehingga mereka bahagia.

 3. Hujan yang melimpah Engkau siramkan, ya Allah;
     tanah milik-Mu yang gersang Kaupulihkan,
     sehingga kawanan hewan-Mu menetap di sana; dalam kebaikan-Mu,
     ya Allah, Engkau memenuhi kebutuhan orang yang tertindas.
BACAAN KEDUA
P Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (Ibr 12:18-19. 22-24a)

Saudara-saudara, kamu tidak datang kepada gunung yang tidak dapat disentuh, dan tidak menghadapi api yang menyala-nyalakamu tidak mengalami kekelaman, kegelapan atau angina badai kamu tidak mendengar bunyi sangkalala dan suara dahsyat yang membuat mereka yang mendengarnya memohon supaya suara itu jangan lagi berbicara kepada mereka. Sebaliknya kamu sudah datang ke bukit Sion, dan kota Allah yang hidup, Yerusalem surgawi. Kamu sudah datang kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah, dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di surga; kamu telah sampai kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna. Dan kamu telah datang kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru.

P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL do=a, 4/4, PS No. 962
Reff:    -3 4  5 | 3  j.3 4  5 | 7  j.7 5  j7a1 | a3  j.a3 a4  a5| a3  s-   +  
    Al- le-   lu-    ya,   al-  le-   lu-     ya,   Al– le– lu–      ya,   al– le– lu–  ya 

Ayat: Pikullah kuk yang Kupasang padamu, sabda Tuhan, dan belajarlah pada-Ku,
karena Aku lemah lembut dan rendah hati.


BACAAN INJIL
I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 14:1. 7-14)

Pada suatu hari Sabat Yesus masuk ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amatiDia dengan seksama. Melihat tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan, Yesus lalu mengatakan perumpamaan ini, “Kalau engkau diundang ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan. Sebab mungkin ada undangan lebih terhormat daripadamu. Jangan-jangan orang yang mengundang engkau dan tamu itu datang dan berkata kepadamu, ‘Berikanlah tempat itu ke-pada orang ini,’ Lalu dengan malu engkau harus pergi pindah ke tempat yang paling rendah. Tetapi, apabila engkau diundang, duduklah di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu, ‘Sahabat, silakan duduk di depan.’ Dengan demikian engkau akan mendapat kehormatan di mata semua tamu yang lain. Sebab barangsiapa meninggikan diri akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri akan ditinggikan.” Dan Yesus berkata juga kepada orang yang mengundang-Nya, “Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau malam, janganlah mengundang sahabat-sahabatmu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu, atau tetangga-tetanggamu yang kaya, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula, dan demikian engkau mendapat balasnya. Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, cacat, lumpuh dan buta.

P Demikianlah Injil Tuhan.
U Terpujilah Kristus
HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT
I orang miskin, timpang dan buta, semuanya diundang ke perjamuan Tuhan. Mengingat itu be-ranilah kita memanjatkan doa bersama kepada Bapa di surga:

P Bagi petugas Gereja: Semoga Bapa, menjaga para petugas Gereja-Nya agar mengikuti jejak Yesus yang lemah lembut dan rendah hati dalam melayani umatnya. Marilah kita mohon!

P Bagi para pemimpin bangsa: Semoga Bapa, menerangi para pemimpin bangsa, agar jangan mengambil tindakan-tindakan demi kepopuleran diri, melainkan demi kesejahteraan umum. Marilah kita mohon!

P Bagi semua saja yang merawat orang sakit dan jompo: Semoga Bapa, memberkati me-reka yang merawat orang sakit dan jompo, agar selalu ingat bahwa kebesaran sesorang terletak pada kerendahan hati. Marilah kita mohon!

P Bagi kelompok kita sendiri: Semoga Bapa, membimbing agar kita dapat menerima baik kemampuan maupun kelemahan kita sebagaimana adanya. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan Paroki: Semoga Bapa, menguatkan umat-Nya dengan Roh Kudus, se-hingga menjadi tanda kehadiran Kristus di tengah masyarakat, dan memberkati usaha kita dalam mewujudkan Gereja Stasi Maria Ratu Karmel. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan diri kita masing-masing: …(hening).... Marilah kita mohon!
I Allah Bapa yang mahakuasa, Engkau menghendaki Putra-Mu melayani kami dan minta agar kami melanjutkan karya pelayanan itu atas nama-Mu. Atas dukungan rahmat-Mu dan kekuatan cinta kasih-Mu kami berusaha kearah itu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I Allah Bapa yang mahakuasa, berilah kami tempat dalam perjamuan-Mu, agar dapat mengenangkan Yesus, Al Masih, yang berkenan menjadi Saudara senasib kami, bahkan sampai wafat di salib. Dialah Tuhan dan pengantara kami .
 U Amin.

DOA DAMAI
I Kristuslah pangkal damai dan keselamatan kita. Maka marilah kita mohon damai kepada-Nya dengan rendah hati: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi per-hatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.

ANTIFON KOMUNI
Betapa berlimpahlah kebaikkan-Mu, yang Kau sediakan bagi orang takwa.

DOA SESUDAH KOMUNI
I Marilah berdoa: Allah Bapa kami, sumber kehidupan, kami bersyukur atas santapan suci, yang menghidupi kami dalam perjalanan. Semoga segala sesuatu yang kami lakukan, merukunkan kami serta membangkitkan harapan siapap pun demi Yesus Putra-Mu, yang telah memberi teladan kepada kami dan menjadi pengantara kami dihadapan-Mu kini dan sepanjang masa.
U Amin.






0 komentar:

Posting Komentar