Subscribe:

HARI MINGGU BIASA XXIII (8 September 2013)

ANTIFON PEMBUKA
     Engkau adil, ya Tuhan, dan hukum-hukum-Mu benar.

SERUAN TOBAT / TUHAN KASIHANILAH KAMI,
KEMULIAAN
DOA PEMBUKA

I      Marilah berdoa: Allah Bapa kami, sumber kebijaksanaan, siapa di antara kami yang dapat menjajaki rencana-Mu? Siapa yang tahu apa yang Kaukehendaki, bila kami selalu dikejar-kejar waktu dan tiada sempat berpikir? Maka tenangkanlah kami. Utuslah Roh kebijaksanaan-Mu untuk menerangi kami serta membimbing kami dalam perjalanan menghadap Engkau. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami, yang bersama DiKau, dalam persatuan dengan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.
U Amin.



BACAAN PERTAMA

P Pembacaan dari  Kitab Kebijaksanaan (Keb 9:13-18)

Manusia manakah dapat mengenal rencana Allah, atau siapakah dapat memikirkan apa yang dikehendaki Tuhan? Pikiran segala makhluk yang fana adalah hina, dan pertimbangan kami ini tidak tetap. Sebab jiwa dibebani oleh badan yang fana, dan kemah dari tanah memberatkan budi yang banyak berpikir. Sukar kami menerka apa yang ada di bumi, dan dengan susah payah kami menemukan apa yang ada di tangan, tapi siapa gerangan telah menyelami apa yang ada di surga? Siapa gerangan dapat mengenal kehendak-Mu, kalau Engkau sendiri tidak menganugerahkan kebijaksanaan, dan jika Roh Kudus-Mu dari atas tidak Kauutus? Demikianlah diluruskan lorong orang yang ada di bumi, dan kepada manusia diajarkan apa yang berkenan pada-Mu; maka oleh kebijaksanaan mereka diselamatkan.

P Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN       Mzm 90: 3-4.5-6.12-13.14.17;Ul:1 do= c 2/4, PS No. 847
Reff : 5  j6j jjj 7 | A1 5 | j4j j 3  j2j j 1 | 5  5 | j5j j 5   j6j j 7 | A1  5 | j4j j 3   j2j j 1 | 1 . +              Tu- han penja- ga   dan benteng per-  ka- sa    da- lam    lin-  dungan-Nya     a- man  sento-    sa.

Ayat

1.   Engkau mengembalikan manusia kepada debu,
      hanya dengan berkata, “Kembalilah, hai anak-anak manusia!”
      Sebab di mata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin
      atau seperti satu giliran jaga di waktu malam.

2.    Engkau menghanyutkan manusia seperti orang mimpi
       seperti rumput yang bertumbuh: di waktu pagi tumbuh dan berkembang,
       di waktu petang sudah lisut dan layu.

3.    Ajarlah kami menghitung hari-hari kami, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.
       Kembalilah, ya Tuhan, berapa lama lagi? dan sayangilah hamba-hamba-Mu!


4. Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu
    supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita sepanjang hayat.
    Kiranya kemurahan Tuhan melimpah atas kami!
    Teguhkanlah perbuatan tangan kami, ya, perbuatan tangan kami teguhkanlah!
BACAAN KEDUA
P Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Filemon (Flm 9b:10. 12-17)

Saudaraku yang terkasih, aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, dan kini dipenjarakan karena Kristus Yesus, mengajukan permintaan kepadamu mengenai anak yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus. Dia, buah hatiku ini, kusuruh kembali kepadamu. Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk melayani aku selama aku dipenjarakan demi Injil. Tetapi tanpa persetujuanmu, aku tidak mau berbuat sesuatu, supaya yang baik itu kaulakukan bukan karena terpaksa, melainkan dengan sukarela. Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya, bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari itu, yaitu sebagai saudara terkasih. Bagiku ia sudah saudara, apalagi bagimu, baik secara manusiawi maupun di dalam Tuhan. Kalau engkau menganggap aku temanmu seiman, terimalah dia seperti aku sendiri.

P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL do=a, 4/4, PS No. 962
Reff:    3  2 | 3  2  1  3 | 5  6  5 . | 6  a1  a1  7 | 5  .  +  
    Al    -      le    -          lu     -     ya,             al-   le-   lu    -    ya,  

Ayat: Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu,
dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku


BACAAN INJIL
I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 14:25-33)

Pada suatu Ketika orang berduyun-duyun mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. Sambil berpaling Yesus berkata kepada mereka, “Jika seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Barangsiapa tidak memanggul salibnya dan mengikuti Aku, ia tidak menjadi murid-Ku. Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau membangun sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran belanja, apakah uangnya cukup untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Jangan-jangan sesudah meletakkan dasar ia tidak dapat menyelesaikannya. Lalu semua orang yang melihat itu akan mengejek dengan berkata, ‘Orang itu mulai membangun, tetapi tidak dapat menyelesaikan’! Atau raja manakah yang hendak berperang melawan raja lain tidak duduk mempertimbangkan dahulu, apakah dengan sepuluh ribu orang ia dapat melawan musuh yang datang menyerang dengan dua puluh ribu orang? Jikalau tidak dapat, ia akan mengirim utusan selama musuh masih jauh untuk mena-nyakan syarat-syarat perdamaian. Demikianlah setiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan diri dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.”

P Demikianlah Injil Tuhan.
U Terpujilah Kristus
HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT

I Sesuai dengan ajaran Kristus mengenai tingkah laku murid sejati, beranilah kita berdoa:

P Bagi Gereja, umat Allah: Semoga Bapa, mendorong kiranya para pengikut Putra-Nya agar menghayati benar-benar iman akan Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Marilah kita mohon!

P Bagi para pemimpin dan mereka yang diserahi tanggung jawab di tengah mas-yarakat: Semoga Bapa, mendampingi para pemimpin agar mereka memikirkan matang-matang berdasarkan iman mengenai keputusankeputusan yang mau diambil. Marilah kita mohon!

P Bagi mereka yang mengalami kegagalan: Semoga Bapa, membimbing kita agar masih tetap terbuka untuk menerima mereka yang mengalami kegagalan-kegagalan, sebagai saudara se-Bapa. Marilah kita mohon!

P Bagi para peserta perayaan Ekaristi ini: Semoga Bapa, memberkati kita agar selalu me-mihak pada Kristus dalam keadaan apa pun. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan Paroki: Semoga Bapa, menguatkan umat-Nya dengan Roh Kudus, se-hingga menjadi tanda kehadiran Kristus di tengah masyarakat, dan memberkati usaha kita dalam mewujudkan Gereja Stasi Maria Ratu Karmel. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan diri kita masing-masing: …(hening).... Marilah kita mohon!
I Allah Bapa kami, karena dikuatkan oleh sabda-Mu, maka dalam setiap peryaan Ekaristi kami ulangi pilihan kami pada diri Putra-Mu. Engkaulah yang memberikan kami kekuatan baru, supaya dapat lebih memahami arti pilihan ini. Maka bersatu dalam cinta kasih kami persembahkan kepada-Mu kurban Putra-Mu Yesus Kristus, Tuhan kami.

U Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I Allah Bapa kami bersama, terimalah kami dalam roti dan anggur ini dan himpunlah kami menjadi tubuh Yesus Putra-Mu, menjadi Gereja yang hidup berkat sabda-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U Amin.

DOA DAMAI
I Kristuslah pembawa damai sejahtera di dunia. Maka sebagai pengikut-pengikut-Nya marilah berdoa kepadanya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi per-hatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.

U Amin.

ANTIFON KOMUNI
Bagaikan rusa merindukan sumber air, demikianlah hatiku rindu pada-Mu, ya Allah hatiku haus akan Allah, Allah yang hidup dan kuasa.

DOA SESUDAH KOMUNI
I Marilah berdoa: Allah Bapa, sumber kebijaksanaan, kami bersyukur atas kebijaksanaan yang tampak dalam diri Yesus, Putra-Mu. Buatlah kami siap sedia melakukan perintah-Nya serta mengikuti Dia, agar dapat menikmati kebahagiaan. Sebab Dialah yang dijanjikan kepada semua orang di dunia. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U Amin.






0 komentar:

Posting Komentar