Subscribe:

HARI MINGGU BIASA XXI (25 Agustus 2013

ANTIFON PEMBUKA
     Sendengkanlah telinga-Mu, ya Tuhan, jawablah aku. Selamatkanlah hamba-Mu, yang percaya kepada-Mu. Kasihanilah aku, ya Tuhanku; sebab kepada-Mulah aku berseru sepanjang hari.

SERUAN TOBAT / TUHAN KASIHANILAH KAMI,
KEMULIAAN
DOA PEMBUKA

I      Marilah berdoa: Allah Bapa yang mahakuasa, warta gembira-Mu Kautujukan kepada semua orang, dan semua orang hendak Kausatukan menjadi satu umat kesayangan-Mu. Kami mohon, patahkanlah ketegaran hati kami, agar kami layak diterima sebagai umat pilihan-Mu dalam kerajaan-Mu. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami, yang bersama DiKau, dalam persatuan dengan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.

U Amin.



BACAAN PERTAMA

P Pembacaan dari  Kitab Yesaya (Yes 66:18-21)

Beginilah firman Tuhan, “ Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan. Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang serta melihat kemuliaan-Ku. Aku akan menaruh tanda di tengah-tengah mereka, dan akan mengutus dari antara mereka orang-orang yang terluput; mereka ini akan Kuutus kepada bangsa-bangsa, yakni Tarsis, Pul dan Lud; mereka akan Kuutus ke Mesekh dan Rosy, ke Tubal dan Yawan, ke pulau-pulau yang jauh, yang belum pernah mendengar kabar tentang aku, dan yang belum pernah melihat kemuliaan-Ku, supaya mereka memberitakan kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa. Mereka itu akan membawa semua saudaramu dari segala bangsa sebagai kurban untuk Tuhan; mereka akan membawanya di atas kuda dan kereta dan di atas usungan, di atas bagal dan unta betina yang cepat, ke atas gunung-Ku yang Kudus, ke Yerusalem, sama seperti orang Israel membawa kurban dalam wadah yang tahir ke dalam rumah Tuhan. Juga dari antara mereka akan Kuambil imam-imam dan orang-orang Lewi.”

P Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN                                       Mzm 117: 1.2; Ul:Mrk 16:15   do= f 4/4, PS No. 827
Reff :  j1jj j 1 j.1  j2jj j 1  j2j j 3 | j3j j 2 . . 0 | j3j j 3 j.2 j43 j21|1 . .+                                   Pergi   ke  se- lu-  ruh du-  ni-  a,                warta- kanlah In- jil!.

Ayat :   1.  Pujilah Tuhan, hai segala bangsa,
               megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa.

          2.  Sebab kasih-Nya hebat atas kita,
               dan kesetiaan Tuhan untuk selama-lamanya.
BACAAN KEDUA
P Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (Ibr 12:5-7. 11-13)

Saudara-saudara, janganlah kamu lupa akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak, “Hai anakku janganlah meremehkan didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan oleh-Nya, karena Tuhan menghajar orang yang di kasihi-Nya dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.” Jika kamu menerima hajaran, maka di situ Allah memperlakukan kamu sebagai anak. Di manakah ada anak yang tidak dihajar oleh ayahnya? Memang tiap-tiap hajaran pada waktu diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Namun kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih oleh-Nya. Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh.

P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL do=g, 2/4, PS No. 952
Reff:    t| 3 j.2| 1  3 | 4  j.3|2 . | 2  3| 4 2| 3h. | 3 +  
             Al-  le- lu-  ya,  al-    le-   lu-  ya,      Al–  le– lu  –    ya.

Ayat: Akulah jalan, kebenaran dan hidup, sabda Tuhan.
Tidak seorangpun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.


BACAAN INJIL
I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 13:22-30)

Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus  berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar. Maka bertanyalah orang kepada-Nya, “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?” Jawab Yesus kepada orang-orang di situ, “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sempit itu! Sebab Aku berkata kepadamu, ‘Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan menutup pintu, kamu akan berdiri di luar, dan mengetuk-ngetuk pintu sambil berkata: Tuan, bukakan kami pintu! Tetapi ia akan berkata, ‘Aku tidak tahu dari mana kamu datang.’ Maka kamu akan berkata, ‘Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu, dan Engkau telah mengajar dijalan-jalan kota kami’. Tetapi ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan!’ Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi ada didalam ke-rajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. Dan orang akan datang dari Timur dan Barat, dari Utara dan Selatan, dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah, Dan ingatlah, ada orang yang terakhir yang akan menjadi terdahulu, dan ada orang yang terdahulu, yang akan menjadi terakhir.”
P Demikianlah Injil Tuhan.
U Terpujilah Kristus
HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT
I Yesus bersabda, “Aku ini jalan, kebenaran dan kehidupan.” Maka bersama Dia beranilah kita berdoa:

P Bagi mereka yang dibebani tanggung jawab dalam Gereja: Semoga Bapa, melimpahkan semangat pelayanan kepada mereka yang dibebani tanggung jawab dalam Gereja-Nya, agar jangan merasa dirinya lebih dari yang lain. Marilah kita mohon!

P Bagi para pemimpin bangsa-bangsa: Semoga Bapa, mendampingi para pemimpin agar selalu berusaha memberi tempat kepada setiap orang di dalam masyarakat. Marilah kita mohon!

P Bagi mereka yang tercekam rasa rendah diri: Semoga Bapa, membimbing mereka yang  tercekam rasa rendah diri, agar menempatkan dirinya dalam kegiatan bersama sesamanya. Marilah kita mohon!

P Bagi semua yang berada disini: Semoga Bapa, menjauhkan dari kita sikap menganggap rendah mereka yang tidak seiman dengan kita, tetapi sebaliknya tanamkanlah dalam diri kita pengertian bahwa kerajaan surga terbuka bagi siapa pun yang berkehendak baik. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan Paroki: Semoga Bapa, membuka hati umat Paroki Maria Kusuma Karmel, agar mau melayani sesama dengan terlibat dalam kepengurusan Dewan Paroki Pleno yang baru. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan diri kita masing-masing: …(hening).... Marilah kita mohon!
I Allah Bapa kami, Raja para bangsa, semua orang Kaupanggil ikut serta dalam perjamuan-Mu. Kami percaya bahwa di mana sahabat-sahabat-Mu bertemu, Engkau hadir pula di tengah mereka. Mengingat panggilan-Mu itu kami persembahkan bersama-sama kurban Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami.
U Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I Allah Bapa umat manusia, perkenankanlah kami mencicipi kerajaan-Mu dalam roti dan anggur ini dan terimalah ucapan syukur kami atas Yesus Putra-Mu, yang mengantar kami kepada-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
 U Amin.

DOA DAMAI
I Kristus mau mengumpulkan semua orang dalam kerajaan damai-Nya. Maka marilah kita berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi per-hatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.

ANTIFON KOMUNI
Bumi penuh buah karya-Mu, ya Tuhan, sehingga menghasilkan makanan dan minuman yang menggembirakan manusia.

DOA SESUDAH KOMUNI
I Marilah berdoa: Allah Bapa yang mahakuasa dan mahakudus, dengarkanlah doa-doa kami dan semoga dunia mengenal damai yang Kaujanjikan serta dibawa oleh Yesus Putra-Mu. Dialah yang demi kami semua telah mengurbankan diri-Nya untuk menebus kami bagi Dikau; Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U Amin.






0 komentar:

Posting Komentar