Subscribe:

HARI MINGGU BIASA XX (18 Agustus 2013)

ANTIFON PEMBUKA
     Lihatlah perisai kami, ya Allah, pandanglah wajah orang yang Kauurapi. Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu daripada seribu hari di tempat lain.

SERUAN TOBAT / TUHAN KASIHANILAH KAMI,
KEMULIAAN
DOA PEMBUKA

I      Marilah berdoa: Allah Bapa yang kekal dan kuasa, dengan rela tanpa memedulikan kehinaan Putra-Mu memanggul salib sampai ke puncak Golgota. Dampingilah kiranya kami, jangan sampai hancur terkena pertentangan. Tetapi perdalamlah iman kami dalam saat-saat sulit dan be-rilah kekuatan-Mu yang sangat kami perlukan. Demi Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan dan pe-ngantara kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan dengan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.

U Amin.



BACAAN PERTAMA

P Pembacaan dari  Kitab Yeremia (Yer 38:4-6. 8-10)

Setelah Yeremia bernubuat tentang malapetaka yang akan menimpa Israel, berkatalah para pemuka kepada Zedekia, raja Israel, “Baiklah orang ini dihukum mati! Sebab dengan menga-takan hal-hal seperti itu, ia melemahkan semangat prajurit-prajurit yang masih tinggal di kota ini dan melemahkan semangat segenap rakyat. Sungguh, orang ini tidak mengusahakan ke-sejahteraan untuk bangsa, melainkan kemalangan.”Raja Zedekia menjawab“ Baiklah, ia ada dalam kuasamu! Sebab raja tidak dapat berbuat apa-apa menentang kamu!” Maka mereka mengambil Yeremia, dan memasukkannya ke dalam perigi milik Pangeran Malkia yang ada di pelataran penjagaan itu; Mereka menurunkan Yeremia dengan tali. Di perigi itu tidak ada air, tetapi hanya lumpur;maka terperosoklah Yeremia ke dalam lumpur itu. Maka keluarlah Ebed-melekh dari istana raja, lalu berkata kepada raja, “Tuanku Raja, perbuatan orang-orang ini jahat dalam segala hal yang mereka lakukan terhadap Nabi Yeremia; mereka memasukkan dia ke dalam perigi; Yeremia akan mati kelaparan di tempat itu! Sebab tidak ada lagi roti di kota.” Lalu raja memberi perintah kepada Ebed-Melekh, orang Etiopia itu, katanya, “Bawalah tiga orang dari sini, dan angkatlah Nabi Yeremia dari perigi sebelum ia mati!”

P Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN               Mzm 40: 2.3.4.18;Ul:lh. 14b  re= a 2/4, PS No. 810
Reff : 1  u | 2 j1jj j u| y u| 1 1 | 2 2 | t . | j0e jrj j t | y  y | 0 juj j 1 | 2  3 | 2  . +                                
       Condongkanlah te-  li-nga-Mu ke-   pa-da-   ku,         ber-se-  ge-    ra-  lah         be- bas  kan  da-   ku.

Ayat 1. Aku sangat menanti-nantikan Tuhan;
lalu Ia menjengukku dan mendengar teriakku minta tolong.

2. Ia mengangkat aku dari lubang kebinasaan,
dan menarik aku dari lumpur rawa;
lalu Ia menempatkan kakiku di atas wadas,
dan memantapkan langkahku.
  3.  Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita.
Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut,
lalu percaya kepada Tuhan.

4. Aku ini sengsara dan miskin, tetapi Tuhan memperhatikan daku.
Engkaulah yang menolong dan meluputkan daku;
ya Allahku, janganlah berlambat!.

BACAAN KEDUA
P Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (Ibr 12:1-4)

Saudara-saudara, kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita. Marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus. Dialah yang memimpin kita dalam iman, dan Dialah yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan! Dengan mengabaikan kehinaan Ia tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. Ingatlah selalu akan Yesus yang tabah menanggung bantahan terhadap diri-Nya, bantahan hebat yang datang dari pihak orang-orang berdosa. Janganlah kamu menjadi lemah dan putus asa, sebab dalam pergumulanmu melawan dosa kamu belum sampai mencucurkan darah.

P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL do=f, 2/2, PS No. 951
Reff:    1  3  4| 5  s  4 5| 6  s   5  s  | 3  4  3  2 | 1  +
           
            Al-   le - lu- ya,     al- le- lu    -     ya,        Al– le– lu–         ya.
       
Ayat: Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku, sabda Tuhan.
Aku mengenal mereka dan mereka mengikuti Aku.


BACAAN INJIL
I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 12:49-53)

Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Aku datang melemparkan api ke bumi, dan betapa Kudambakan agar api itu selalu menyala! Aku harus menerima pem-baptisan, dan betapakah susah hati-Ku sebelum hal itu berlangsung! Kamu sangka Aku datang membawa damai ke bumi? Bukan! Bukan damai, melainkan pertentangan! Karena mulai sekarang akan ada pertentangan antara lima orang dalam satu rumah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga. Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya.”
P Demikianlah Injil Tuhan.
U Terpujilah Kristus
HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT
I Marilah kita berdoa kepada Allah Bapa kita, dasar dan tujuan terakhir iman kepercayaan kita:

P Bagi para Pemimpin Gereja: Ya Bapa, terangilah para Pemimpin Gereja-Mu, agar dalam mewartakan injil jangan dicampuradukkan dengan motif-motif pribadi mereka. Marilah kita mohon!

P Bagi masyarakat kita: Semoga Bapa, mendampingi masyarakat kita agar berani membela kebenaran serta ulet menghadapi segala rintangan. Marilah kita mohon!

P Bagi mereka yang merasa harus menentang sesuatu: Semoga Bapa, membimbing mereka yang merasa harus menentang sesuatu, agar selalu mengutamakan kebenaran dan cinta kasih serta menandaskannya dengan teladan hidupnya sendiri. Marilah kita mohon!

P Bagi kita sendiri: Semoga Bapa, menabahkan hati kita dalam usaha menyingkirkan rintangan dan hambatan karya penyelamatan-Nya. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan Paroki: Semoga Bapa, membuka hati umat Paroki Maria Kusuma Karmel, agar mau melayani sesama dengan terlibat dalam kepengurusan Dewan Paroki Pleno yang baru. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan diri kita masing-masing: …(hening).... Marilah kita mohon!
I Allah Bapa, sumber iman kepercayaan kami, sabda-Mu adalah benar dan hidup. Sabda-Mu lebih tajam dari pedang bermata dua. Kepada-Mu kami tunduk dan taat. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami.
U Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I Allah Bapa yang mahakudus, anugerahilah kami hidup berkat roti dan anggur ini dan bangun-kanlah kami dari perpecahan menuju persatuan dalam cinta kasih, Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
 U Amin.

DOA DAMAI
I Kristus datang membawa api ke dunia dan menginginkan agar api itu menyala. Ia meng-hendaki agar hati kita tergerak untuk bertindak, jangan berpangku tangan dan tinggal diam. Maka marilah kita mohon damai kepadanya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu de-ngan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.

ANTIFON KOMUNI
Pada Tuhanlah kasih setia dan penebusan berlimpah.

DOA SESUDAH KOMUNI
I Marilah berdoa: Allah Bapa kami di surga, kami bersyukur, Engkau telah mendatangkan api ke dunia dalam diri Yesus, Putra-Mu. Nyalakanlah dalam diri kami api cinta kasih, pengampunan, kerukunan dan kebaikan, agar dunia menjadi lebih layak, dan lebih enak dihuni. De-ngan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U Amin.






0 komentar:

Posting Komentar