Subscribe:

HARI MINGGU BIASA XIV (7 Juli 2013)


ANTIFON PEMBUKA
     Kami mengingat ya Allah kasih setia-Mu, di dalam bait-Mu. Seperti nama-Mu
      ya allah, demikianlah kemasyhuran-Mu sampai ke ujung bumi.

SERUAN TOBAT / TUHAN KASIHANILAH KAMI,
KEMULIAAN
DOA PEMBUKA
I      Marilah berdoa: Allah Bapa  yang maharahim, Engkau menjanjikan hiburan dan perdamaian, dan setiap kali pula kami Kau yakinkan bahwa disamping-Mu kami aman. Utuslah kami membawakan damai-Mu kepada siapapun dan semoga mereka yang kami temui, merasa berada dekat dengan kerajaan damai-Mu. Demi Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa
U Amin.


BACAAN PERTAMA
P Pembacaan dari  Kitab Yesaya (Yes 66:10-14c)

Bersukacitalah bersama dengan Yerusalem, bersorak-sorailah karenanya, hai semua orang yang mencintainya! Bergiranglah bersama dia segirang-girangnya, hai semua orang yang berkabung karenanya, supaya kamu menghisap dari susu yang menyegarkan dan menjadi kenyang, supaya kamu yang menghirup dan menikmati dari dadanya yang bernas. Sebab beginilah firman Tuhan: Sesungguhnya, Aku mengalirkan keselamatan seperti sungai, dan kekayaan bangsa-bangsa seperti batang air yang membanjir; kamu akan menyusu, akan digendong, akan dibelai-belai di pangkuan. Seperti seseorang yang di hibur ibunya, demikianlah kamu akan Kuhibur; kamu akan dihibur di Yerusalem. Apabila kamu melihatnya, hatimu akan girang, dan kamu akan seperti rumput muda yang tumbuh dengan lebat; maka tangan Tuhan akan nyata kepada hamba-hamba-Nya.
P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN                     Mzm 66: 1-3a.4-5.6-7.16.20;Ul:1.  5a  do= a 2/4, PS No. 830

Reff : j5jjj 5  j5jjjj 6|a1  ja1jj a2| aj3jjj a3  jja3j a1|a2 . |j5j 5  j5j 6| a1  ja1jj a2| aj3j a3  ja2j 6 |a1 . +
     A- ku   war-ta kan kar-ya a-gung-Mu,Tuhan,   kar-ya  a-gung-Mu    kar-ya ke- se-  la-mat-an.

Ayat 1. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya,
muliakanlah Dia dengan puji-pujian! Katakanlah kepada Allah,
    “Betapa dahsyat segala pekerjaan-Mu”.

2. Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu,
seluruh bumi memazmurkan nama-Mu. Pergilah dan lihatlah karya-karya Allah,
Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia! 
  3.  Ia mengubah laut menjadi tanah kering, dan orang berjalan kaki menyebrang sungai. Oleh sebab itu kita bersukacita karena Dia, yang memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya.

         4. Marilah, dengarlah, hai kamu sekalian yang takwa pada Allah, aku hendak menceritakan apa yang dilakukan-Nya terhadapku. Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku, dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.

BACAAN KEDUA
P Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia (Gal 6:14-18)

Saudara-saudara, aku sekali-kali tidak mau bermegah selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab oleh-Nya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya; tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. Bagi semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, dan bagi semua orang yang menjadi milik Allah, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat. Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus.
P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL do=g, 2/4, PS No. 952
Reff:    t|3 j.2|1  3|4 j.3|2  .| 2 3|4 2|3i. | 3 +
            Al- le -lu-ya, al- le -lu ya,        al- le- lu  -    ya. 
       
Ayat: Hendaklah damai sejahtera Kristus menguasai hatimu,
dan perkataan Kristus diam diantara kamu dengan segala kekayaannya.


BACAAN INJIL
I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 10:1-9)

Sekali peristiwa Tuhan menunjuk tujuh puluh murid. Ia lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Katanya kepada mereka, “Tuaian memang banyak, tetapi pekerjaannya sedikit! sebab itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, agar ia mengirimkan pekerja-pekerja ke tuaian itu. Pergilah! Camkanlah, aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapa pun selama dalam perjalanan. Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu ‘Damai sejahtera bagi rumah ini’. Dan jika disitu ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal padanya; tetapi jika tidak, salammu akan kembali kepadamu. Tinggalah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Jika kamu masuk kedalam sebuah kota dan diterima disitu, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada disitu. Dan katakanlah kepada mereka, ‘kerajaan Allah sudah dekat padamu.
P Demikianlah Injil Tuhan.
U Terpujilah Kristus
HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT
I Bersatu dalam Kristus kita panjatkan doa kepada Bapa di surga:

P Bagi Gereja masa sekarang: Semoga Bapa, mendampingi Gereja-Nya pada masa sekarang ini agar jangan hanya bertindak sebagai wasit atau pun kekuasaan moral, melainkan sebagai daya karya yang mempersatukan dan merukunkan semesta alam. Marilah kita mohon!

P Bagi mereka yang terasing di sekitar kita: Semoga Bapa, membangkitkan perhatian kita kepada mereka yang terasing dan kesepian, agar suka mengajak mereka mengambil peranan dalam pergaulan dan kerjasama. Marilah kita mohon!

P Bagi kita sendiri: Semoga Bapa, membukakan mata hati dan budi kita terhadap kebutuhan Gereja akan tenaga-tenaga. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan Paroki: Semoga Bapa menguatkan umat-Nya dengan Roh Kudus, sehingga menjadi tanda kehadiran Kristus di tengah masyarakat, dan memberkati usaha kita dalam mewujudkan Gereja Stasi Maria Ratu Karmel. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan diri kita masing-masing: ………………, Marilah kita mohon!

I Bapa yang mahabaik, lebih daripada seorang ibu yang memanjakan putranya, Engkau memanjakan kami. Dengarkanlah doa-doa kami. Rencana-Mu bagi kami adalah kebahagiaan di hari kemudian, sekarang dan sepanjang hidup kami. Dengarkanlah doa kami demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I Allah Bapa yang mahakudus, terimalah kami dalam perjamuan-Mu dan berilah kiranya kami rezeki yang menghidupkan serta mengembirakan. Demi kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U Amin.
DOA DAMAI
I Para murid yang diutus Kristus dibekali pesan agar menyampaikan damai-Nya kepada siapa pun yang dijumpainya. Maka marilah kita mohon damai kepada Kristus, agar dapat ganti me-nyampaikannya kepada siapa pun: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.

ANTIFON KOMUNI
Ya Bapa, Aku berdoa bagi mereka agar mereka bersatu dalam kita,
supaya dunia percaya bahwa Engkau mengutus aku.

DOA SESUDAH KOMUNI
I Marilah berdoa: Allah Bapa kami di surga, semoga kami dapat berpegang teguh pada harapan yang di timbulkan oleh Sabda-Mu. Semoga hidup kami ini ditandai iman mantap akan Dikau, yang menciptakan kami untuk hidup. Demi Kristus, Tuhan dan  pengantara kami.

U Amin.




0 komentar:

Posting Komentar