Subscribe:

HARI MINGGU BIASA XII (23 Juni 2013)

ANTIFON PEMBUKA
     Tuhan adalah kekuatan umat-Nya dan benteng keselamatan bagi orang yang diurapi-Nya. Selamatkanlah kiranya umat-Mu, dan berkatilah milik-Mu sendiri, gembalakanlah mereka dan dukunglah mereka selama-lamanya.

SERUAN TOBAT / TUHAN KASIHANILAH KAMI,
KEMULIAAN
DOA PEMBUKA
I      Marilah berdoa: Allah bapa kami yang maha pengasih, Putra-Mu telah menderita dan melaksanakan kehendak-Mu dengan paripurna. Ia wafat demi kami dan memasuki kemuliaan. Berilah kami kekuatan untuk mengikuti jejak-Nya melalui jalan yang telah dirintis-Nya, agar pada waktunya sampai kerumah-Mu. Demi Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.

U Amin.


BACAAN PERTAMA
P Pembacaan dari  Nubuat Zakharia (Za 12:10-11;13:1)

Beginilah firman Tuhan, “Aku akan mencurahkan roh kasih dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem. Lalu mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan meratapi dia seperti meratapi anak tunggal, mereka akan menangisi dia dengan pedih seperti menangisi anak sulung. Pada waktu itu, ratapan di Yerusalem akan sama besarnya dengan ratapan denngan Hadad-Rimon di lembah Megido. Pada waktu itu, akan terbuka suatu sumber bagi keluarga Daud dan bagi penduduk Yerusalem untuk membasuh dosa dan kecemaran.”
P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN Mzm 63: 2. 3-4.5-6.8-9; Ul:2b  do= d, 2/2, PS No. 843
Reff:      3 . 2 1 |5 6 7 a1 |7 . 6 .|5 s  s  s |0  4  3  2|3  5  1  4| 2 s  s  s  |1 s  s  s  +
    ji  -    wa-ku  ha-us  pa-da- Mu,     Tu -   han   I -  (i)- ngin me-li- hat, wa-jah -  Al   -    -    -      lah.

Ayat 1. Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus akan Dikau,
Tubuhku rindu Kepada-Mu seperi tanah yang kering dan tandus.

2. Semoga hamba boleh memandang Tuhan-ku  melihat kemuliaan-Mu yang besar
     Cinta-Mu lebih berharga dari pada hidup hendaknya mulutku memuji-Mu.

  3.  Demikianlah sepanjang hidupku aku hendak menghormati Engkau,
       jiwaku dikenyangkan dengan lemak dan sumsum, aku bersorak-sorai dan memuji-muji.

         4. Jiwaku melekat pada-Mu, tangan kanan-Mu menopang aku.
   Sungguh Engkau melulu yang menolongku dan di bawah sayap-Mu sentosalah aku.

BACAAN KEDUA
P Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia (Gal 3:26-29)

Saudara-saudara, Kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman dalam Yesus Kristus. Sebab kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada pria atau wanita, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus. Jadi kalau kamu milik Kristus, maka kamu juga keturunan Abraham, dan berhak menerima janji Allah.
P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL do=f, 2/4, PS No. 961
Reff:       3 j.2|j32 1|4  j.5|j43 2|3 j.4|2 1  +
 Al-  le - lu-  ya, al-    le-   lu- ya, al-  le-  lu- ya. 
       
Ayat: Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku, sabda Tuhan
Aku mengenal mereka, dan mereka mengikuti aku.


BACAAN INJIL
I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 9:18-24)

Sekali peristiwa, ketika Yesus sedang berdoa seorang diri, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Yesus lalu bertanya kepada mereka, “Kata orang banyak, siapakah Aku ini?” Jawab mereka, “Yohanes pembaptis; ada juga yang mengatakan : Elia; ada pula yang mengatakan : Salah seorang nabi dari zaman dulu telah bangkit.” Yesus bertanya lagi kepada mereka, “Menurut kamu, siapakah Aku ini?” Jawab Petrus, “Engkaulah Mesias dari Allah.” Dengan keras Yesus melarang mereka memberitahukan hal itu kepada siapa pun. Yesus lalu berkata, “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, oleh para imam kepala dan para ahli Taurat, lalu dibunuh, dan dibangkitkan pada hari ketiga.” Kata-Nya kepada mereka semua, “Setiap orang yang mau mengikut Aku harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari, dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya.”
P Demikianlah Injil Tuhan.
U Terpujilah Kristus

HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT
I Marilah kita berdoa kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus dan Bapa kita bersama:

P Bagi Sri Paus dan para uskup: Ya Bapa, berkatilah Sri Paus dan para Uskup, agar dalam banyak kesulitan mereka tetap penuh harapan, berdaya, dan terbuka terhadap pewartaan Injil dan apa saja yang hidup di tengah-tengah umat. Marilah kita mohon!

P Bagi para Karyawan: Ya Bapa, berkatilah para karyawan agar dalam mencarikan nafkah keluarganya berpegang teguh pada kejujuran dan keadilan. Marilah kita mohon!

P Bagi para penderita sakit dan cacat: Ya Bapa, terangilah para penderita, agar jangan memandang penderitaan itu sebagai akibat ketentuan nasib semata-mata, melainkan sebagai suatu kesempatan ikut serta dalam karya penyelamatan manusia. Marilah kita mohon!

P Bagi diri kita: Ya Bapa, doronglah kami agar siap sedia mengikuti jejak Kristus dengan me-nyangkal diri dan memanggul salib sehari-hari. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan Paroki: Semoga Bapa menguatkan umat-Nya dengan Roh Kudus, sehingga menjadi tanda kehadiran Kristus di tengah masyarakat, dan memberkati usaha kita dalam mewujudkan Gereja Stasi Maria Ratu Karmel. Marilah kita mohon!

P Bagi kepentingan diri kita masing-masing: ………………, Marilah kita mohon!

I Allah Bapa yang maha pengasih, betapa mudah kami menganggap kesulitan dan penderitaan kami sebagai sesuatu yang tak teratasi. Bukalah mata hati kami agar dapat melihat segi positif hidup kami. Sebab itulah warta gembira yang dibawa oleh Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U Amin.

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I Allah bapa kami yang mahakudus, buatlah kami siap sedia menjadi pengikut Yesus, Putra-Mu, yang telah berkenan menderita, wafat dan bangkit demi keselamatan kami. Atas jasa-Nya itulah kami bersyukur kepada-Mu dengan persembahan ini. Demi kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U Amin.

DOA DAMAI
I Hatiku haus dan rindu akan DiKau, ya Tuhan, seperti tanah kering dan tandus merindukan air.” Itulah ungkapan dalam Mazmur 63, demikian pula kerinduan kita akan damai Tuhan. Maka marilah kita mohon damai kepada Kristus: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.

ANTIFON KOMUNI
Tuhan bersabda, “Aku ini gembala yang baik. Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.”

DOA SESUDAH KOMUNI
I Marilah berdoa: Allah Bapa kami di surga, kami bersyukur kepada-Mu atas Nabi yang paling agung, Yesus, Sabda-Mu yang hidup, yang telah berbicara kepada kami. Semoga Roh-Nya mendorong kami untuk mempersembahkan diri kepada-Mu demi keselamatan dan kesejahteraan sesama, agar dengan demikian dapat menemukan hidup. Demi Kristus, Tuhan dan  pengantara kami.

U Amin.


0 komentar:

Posting Komentar