Subscribe:

HARI MINGGU BIASA X (9 Juni 2013)


ANTIFON PEMBUKA
     Tuhanlah cahaya dan penyelamatku, siapa ‘kan kutakuti? Tuhanlah benteng hidupku, siapa ’kan kugentari? Bila penjahat menyerang untuk memangsa aku, maka musuh dan lawanku sendirilah yang tergelincir dan jatuh.
SERUAN TOBAT / TUHAN KASIHANILAH KAMI,
MADAH KEMULIAAN
DOA PEMBUKA
I      Marilah berdoa: Allah Bapa kami yang maha pengasih, Engkau telah mengutus Putra-Mu datang di dunia sebagai mukjizat rahmat: orang sakit disembuhkan-Nya, orang mati dibangkitkan-Nya. Semoga kami memandang-Nya dengan kagum dan syukur dan tak henti-hentinya memuji kebaikan-Nya serta Kauper-kenankan ikut serta dalam keabadian-Nya. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.

U Amin.



BACAAN PERTAMA
P Pembacaan dari  Kitab Pertama Raja-Raja (1 Raj 17:17-24)
Sekali peristiwa anak dari janda di Sarfat yang menjamu Elia jatuh sakit. Sakitnya sangat keras, sampai anak itu tidak bernafas lagi. Maka kata perempuan itu kepada Elia, “Apakah maksudmu datang ke mari, ya Abdi Allah? Adakah engkau singgah kepadaku untuk mengingatkan aku akan kesalahanku dan untuk membuat anakku mati?” Kata Elia kepadanya, “Berikanlah anakmu itu kepadaku!” Elia mengambil anak itu dari pangkuan ibunya, lalu membawanya naik ke kamarnya di atas, dan membaringkan anak itu di tempat tidurnya. Sesudah itu Elia berseru kepada Tuhan, “Ya Tuhan, Allahku! Janda ini telah menerima aku sebagai penumpang di rumahnya. Adakah Engkau menumpakan kemalangan atas dia dengan membunuh anaknya?” Lalu Elia membujurkan badannya di atas anak itu tiga kali, dan berseru kepada Tuhan, “Ya Tuhan, Allahku! Kembalikanlah kiranya nyawa anak ini ke dalam tubuhnya!” Tuhan mendengarkan permintaan Elia, dan nyawa anak itu pun kembali ke dalam tubuhnya, sehingga ia hidup kembali. Elia mengambil anak itu, lalu membawanya turun dari kamar atas, dan memberikannya kepada ibunya. Kata Elia kepada janda itu, “Ini anakmu, ia sudah hidup kembali!” Maka kata perempuan itu kepada Elia, “Sekarang aku tahu, bahwa engkau abdi Allah, dan firman Tuhan yang kau ucapkan itu adalah benar.”
P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah
MAZMUR TANGGAPAN Mzm 30:2.4.5-6.11.12a.13b, Ul:2a, do=f, 2/4, PS No. 829
Reff:    j5j 5 j5jj j 3 | j5j 5 sj 4| j3jj 3  j4j j 2 |3 3 | jjj3j 3 jj4j j 2|3  3 +
       A-ku hen-dak     me-mu - ji    na-ma- Mu,  ya    Tu-han,   se- la- ma- la -ma-nya.
Ayat : 1. Aku akan memuji Engkau, ya Tuhan
sebab Engkau telah menarik aku ke atas,
dan tidak membiarkan musuh-musuhku bersukacita atas diriku,
Tuhan, Engkau mengangkat aku dari dunia orang mati,
Engkau menghidupkan daku di antara mereka yang turun ke liang kubur
2. Nyanyikanlah mazmur bagi Tuhan, hai orang-orang yang dikasihi oleh-Nya,
dan persembahkanlah syukur kepada nama-Nya yang kudus!
Sebab hanya sesaat Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati;
Sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.
3. Dengarlah, Tuhan, dan kasihanilah aku!
Tuhan, jadilah penolongku!
Aku yang meratap Kauubah menjadi orang yang menari-nari,
Tuhan, Allahku untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu.

BACAAN KEDUA
P Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia (Gal 1:11-19)
Saudara-saudara, aku menegaskan kepadamu, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah Injil manusia. Karena aku menerimanya bukan dari manusia; bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus. Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi: Tanpa batas aku menganiaya Jemaat Allah dan berusaha membinasakannya. Di dalam agama Yahudi itu aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya di anatara bangsaku, karena aku sangat rajin memelihara adat-istiadat nenek moyangku. Tetapi Allah telah memilih aku sedari kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya. Ia berkenan me-nyatakan Anak-Nya di dalam diriku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi. Pada waktu itu sesaat pun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia. Aku juga tidak pergi ke Yerusalem untuk menemui mereka lagi yang telah menjadi rasul sebelum aku. Tetapi aku berangkat ke tanah Arab, dan dari situ kembali lagi ke Damsyik. Baru tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk menemui Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya. Tetapi rasul-rasul yang lain, tidak seorang pun kulihat, kecuali Yakobus, saudara Tuhan Yesus.
P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL do=g, 4/4, PS No. 963
Reff:       j s5|j1j 1 h1 j23 j.4|j2j 2 2 . J.2|j4j 4 h4 j32 j.3|j1j 1 1 . J. +
  Al- le - lu- ya,          al- le- lu- ya,        al- le- lu - ya,         al- le- lu- ya.
Ayat: Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita,,
dan Allah telah mengunjungi umat-Nya.

BACAAN INJIL
I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 7:11-17)
Sekali peristiwa Yesus pergi ke sebuah kota yang bernama Nain. Para murid serta banyak orang pergi bersama Dia. Ketika Yesus mendekati pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, yaitu anak laki-laki tunggal seorang ibu yang sudah janda. Banyak orang kota itu menyertai janda tersebut. Melihat janda itu, tergeraklah hati Tuhan oleh belaskasihan. Lalu Tuhan berkata kepadanya, “Jangan menangis!” Dihampiri-Nya usungan jenazah itu dan disentuh-Nya. Maka para pengusung berhenti. Tuhan berkata, “Hai Pemuda, Aku berkata kepadamu: Bangkitlah!” Maka bangunlah pemuda itu, duduk dan mulai berbicara. Lalu Yesus menyerahkannya kepada ibunya. Semua orang itu ketakutan, dan mereka memuliakan Allah sambil berkata, “Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita!” Ada pula berkata, “Allah telah mengunjungi umat-Nya!” Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.
P Demikianlah Injil Tuhan.
U Terpujilah Kristus
HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT
I Marilah kita berdoa kepada Bapa di surga, penguasa hidup dan mati. Ia telah menumbuhkan hidup penuh harapan. Maka marilah kita berdoa:
P Bagi Gereja di dunia: Ya Bapa, utuslah Roh kerukunan dan persatuan agar diakhirilah perpecahan, pertentangan ilmiah dan praktis, yang menghambat persatuan, sehingga segeralah terwujud satu kawanan dan satu gembala. Marilah kita mohon!
P Bagi pimpinan para bangsa: Ya Bapa, kobarkanlah semangat cinta kasih dan kerukunan, agar para pemimpin berusaha merukunkan dan mendamaikan para bangsa. Marilah kita mohon!
P Bagi mereka yang meninggalkan kita dan menyerupai Kristus dalam kematian-Nya: Ya Bapa, per-kenankanlah mereka yang meninggalkan Gereja-Mu akhirnya Kauperkenankan ikut serta dalam kemulian-Mu. Marilah kita mohon!
P Bagi kita yang berkumpul disini: Ya Bapa, doronglah kami agar membahagiakan sesama tanpa pamrih dan penuh pengertian terhadap mereka yang sedang mengalami kesulitan. Marilah kita mohon!
P Bagi umat paroki kita: Ya Bapa, gerakkanlah hati setiap orang tua, remaja dan anak-anak di paroki MKK untuk senantiasa terbuka terhadap panggilan menjadi imam, bruder dan suster. Marilah kita mohon!
P Bagi kepentingan Paroki: Semoga Bapa menguatkan umat-Nya dengan Roh Kudus, sehingga menjadi tanda kehadiran Kristus di tengah masyarakat, dan memberkati usaha kita dalam mewujudkan Gereja Stasi Maria Ratu Karmel. Marilah kita mohon!
P Bagi kepentingan diri kita masing-masing: ………………, Marilah kita mohon!
I Allah Bapa yang mahakuasa, kami bersyukur kepada-MU , bahwasanya Engkau di tengah-tengah kami tetap melaksanakan mukjizat kebaikan dan cinta kasih. Perkenankanlah kami hidup bagaikan anak--anak, bebas dari segala ketakutan, dalam Kristus, Tuhan kami.
U Amin.
DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I Allah bapa kami, sumber kehidupan, kami bersyukur kepada-mu dengan pembaruan ini, karena Engkau memberikan kehidupan baru kepada kami dalam Yesus, Putra-Mu dan penyelamat kami.
U Amin.
DOA DAMAI
I Pada hari kebangkitan-Nya Yesus tiba-tiba berdiri ditengah para murid-Nya dan berkata, “Damai sejahtera bagimu!” Maka dalam mengenangkan kebangkitan kita mohon damai kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa  kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.
ANTIFON KOMUNI
Tuhanlah kekuatanku, pelindung dan pembebasku, Allah dan penolongku.
DOA SESUDAH KOMUNI
I Marilah berdoa: Allah Bapa di surga, sumber kehidupan, Engkau tidak menghendaki seorang pun di dunia ini binasa, tetapi menjanjikan kehidupan kepada kami dalam Yesus putra-Mu. Kami mohon kauperkenankan mewartakan nama-Nya, pembawa kehidupan, kepada siapa saja, agar kami semua dapat menikmati kehidupan sejati. Demi Kristus,Tuhan dan  pengantara kami.
U Amin.

ANTIFON PEMBUKA
     Dengarlah Tuhan seruan yang kusampaikan, jawablah aku. Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka. Engkau pertolonganku, janganlah membuang aku, dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku.
SERUAN TOBAT / TUHAN KASIHANILAH KAMI, KEMULIAAN
DOA PEMBUKA
I      Marilah berdoa: Allah bapa kami yang maha pengasih, Enkaulah satu-satunya yang berkuasa mengampuni dosa-dosa kami. Teguhkanlah iman kami akan cinta kasih dan belas kasih-Mu yang tak terbatas. Maka dengan hati remuk redam akan kami sesali dan kami akui kesalahan kami, agar kami hidup penuh suka cita lagi dihadapan-Mu. Demi Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.

U Amin.
BACAAN PERTAMA
P Pembacaan dari  Kitab Kedua Samuel (2 Sam 12:7-10.13)
Setelah Daud mengambil isteri Uria, Nabi Natan berkata kepadanya, “Beginilah firman Tuhan, Allah Israel : Akulah yang mengurapi engkau menjadi raja atas Israel, dan Akulah yang melepaskan engkau dari tangan Saul. Telah Kuberikan isi rumah tuanmu kepadamu, dan isteri-isteri tuanmu kepadamu. Aku telah memberikan kepada kaum Israel dan Yehuda; dan seandainya itu belum cukup, tentu Kutambah lagi ini dan itu. Mengapa engkau menghina Tuhan dengan melakukan apa yang jahat dimata-Nya? Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kau ambil menjadi isterimu, dan dia sendiri kaubiarkan dibunuh oleh pedang Amon. Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu selamanya, karena engkau telah menghina aku dengan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu,” Lalu berkatalah Daud kepada Natan, “Aku sudah berdosa kepada Tuhan!” Dan Natan berkata kepada Daud, “Tuhan telah menjauhkan dosamu itu; engkau tidak akan mati.”
P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah
MAZMUR TANGGAPAN Mzm 32: 1-2.5.7.11;Ul:lh.5c, la=d, 3/4, PS No. 813
Reff:    3|5 . 4|3 . .| 2 1 s7 |1 s7 s6 |6 . +
      Ya Tu-      han-ku,               ha-pus-lah  do    -   sa-   ku.
      Mo-hon   am-pun               ka- mi  o–rang ber- do-   sa.
Ayat : 1. Berbahagialah orang yang pelanggarannya diampuni, dan dosa-dosanya ditutupi. berbahagialah orang yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan dan tidak berjiwa penipu.
2. Dosa-dosaku kuungkapkan kepada-Mu, dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan aku berkata, “Aku akan menghadap Tuhan, dan mengakui segala pelanggaranku” maka Engkau sudah me-ngampuni kesalahanku.  
3. Engkaulah persembunyian bagiku, ya Tuhan! Engkau menjagaku terhadap kesesakkan Engkau melindungi aku sehingga aku luput dan bersorak.
4. Bersukacitalah dalam Tuhan! (sekalian orang yang beriman!) Bersorak-sorailah, hai orang-orang benar; bersorak-sorailah, hai orang-orang jujur!.

BACAAN KEDUA
P Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia (Gal 2;16.19-21)
Saudara-saudara, Kamu tahu, tidak seorangpun dibenarkan karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan karena iman dalam Kristus dan bukan karena melakukan hukum Taurat. Sebab “tidak seorang pun dibenarkan” karena melakukan hukum Taurat. Sebab oleh hukum Taurat aku telah mati terhadap hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus. Meskipun demikian, aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan  Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidup oleh iman dalam anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran karena hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.
P Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL do=f, 4/4, PS No. 960
Reff:       jjjjjs6  j12| 3  3  j.2 j35| k5j6j 5  5  j.3 j21| j21 1  +
 Al-    le -    lu-   ya,    al-  le-      lu-          ya,    al-  le-     lu - ya.        
Ayat: Allah mengasihi kita, dan telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian  untuk dosa kita.

BACAAN INJIL
I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 7:36-50)
Sekali peristiwa seorang Farisi mengundang Yesus makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan. Di kota itu ada seorang wanita yang terkenal sebagai orang berdosa. Ketika mendengar bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa buli-buli pualam berisi minyak wangi. Sambil menangis ia berdiri dibelakang Yesus dekat Kaki-Nya, lalu membasahi kaki Yesus dengan air matanya, dan menyekanya dengan rambutnya. Kemudian ia mencium kaki Yesus dan meminyakinya dengan minyak wangi itu. Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat itu, ia berkata dalam hati, “Jika Dia ini nabi, mestinya ia tahu, siapakah dan orang apakah wanita yang menjamah-Nya itu; mestinya Ia tahu bahwa wanita itu adalah orang yang berdosa.” Lalu Yesus berkata kepada orang  Farisi itu,”Simon, ada yang  hendak Kukatakan kepadamu.” Sahut Simon,”Katakanlah, Guru!” “Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh. Maka hutang kedua orang itu dihapuskannya. Siapakah diantara mereka yang akan lebih mengasihi dia?” Jawab Simon, “Aku sangka yang mendapat penghapusan hutang lebih banyak.” Kata Yesus kepadanya,”Betul pendapatmu itu!” Dan sambil berpaling kepada wanita itu, Yesus berkata kepada Simon, Engkau  lihat wanita ini? Aku masuk kerumahmu, namun engkau tidak memberi Aku air untuk membasuh kaki-Ku; tetapi wanita ini membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya. Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk, ia tiada henti-hentinya menciumi kaki-Ku. Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi. Sebab itu Aku berkata kepadamu : “Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit pula ia berbuat kasih.” Lalu Yesus berkata kepada wanita itu, “Dosamu telah diampuni!” Orang-orang yang makan bersama Yesus berpikir dalam hati, “Siapakah Dia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?” Tetapi Yesus berkata kepada wanita itu, “Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!”
P Demikianlah Injil Tuhan.
U Terpujilah Kristus
HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT
I Tuhan sungguh dekat sekali dengan kita dalam diri Yesus. Sekalipun kita penuh dosa, namun pada-Nya kita mencurahkan permohonan kita dengan harapan:
P Bagi Gereja di dunia: Ya Bapa, berkatilah Gereja-Mu dengan semangat kerahiman-MU, agar orang lebih mudah bertobat kepada-Mu. Marilah kita mohon!
P Bagi para pemangku keadilan dalam masyarakat: Ya Bapa, curahilah para penegak keadilan cinta kasih-Mu dalam mengambil kebijaksaan. Marilah kita mohon!
P Bagi orang-orang sakit yang tak punya harapan akan sembuh: Ya Bapa, berkatilah para penderita sakit agar dapat menerima dukacita mereka sebagai pepulih atas dosanya sendiri dan dosa sesamanya. Marilah kita mohon!
P Bagi kita disekeliling altar ini: Ya Bapa, dampinigilah kami agar berani bertobat bila sampai jatuh kedalam dosa, dan terus berbuat baik sampai kedatangan kembali Yesus, Putra-Mu. Marilah kita mohon!
P Bagi kepentingan Paroki: Semoga Bapa menguatkan umat-Nya dengan Roh Kudus, sehingga menjadi tanda kehadiran Kristus di tengah masyarakat, dan memberkati usaha kita dalam mewujudkan Gereja Stasi Maria Ratu Karmel. Marilah kita mohon!
P Bagi kepentingan diri kita masing-masing: ………………, Marilah kita mohon!
I Allah Bapa disurga, segala sesuatu yang baik dating daripada-Mu. Lihatlah kami dan berkenankanlah menjiwai kami dengan rahmat-Mu dalam perjalanan menuju kepada-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U Amin.
DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I Allah bapa yang maharahim, persembahan ini kami unjukkan untuk mengenangkan Yesus, Putra-Mu terkasih yang telah sengsara, wafat dan bangkit demi kami, ketika kami masih berdosa. Tunjukkanlah kerahiman-Mu, bebaskanlah kami dari dosa, dan bangkitkanlah kami dari dosa, dan bangkitkanlah kami. Demi kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U Amin.
DOA DAMAI
I Yesus bersabda kepada wanita pendosa,”Segala dosamu telah diampuni. Imanmu telah menyelamatkan dikau. Pergilah dengan damai.” Maka marilah kita mohon pengampunan dan damai kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.
ANTIFON KOMUNI
Yesus berdoa,”Ya Bapa yang kudus, demi nama-Mu jagalah mereka yang kauserakan kepada-Ku agar mereka yang Kauserahkan kepada-Ku agar mereka bersatu seperti kita.”
DOA SESUDAH KOMUNI
I Marilah berdoa: Allah Bapa kami di surga, perkenankanlah kami berjalan dalam cinta kasih yang menutupi banyak dosa. Arahkanlah mata hati kami pada kebaikan yang dapat kami lakukan, pada perhatian kepada para papa dan para tahanan, agar dapat menikmati damai-Mu. Demi Kristus,Tuhan dan  pengantara kami.
U Amin.


0 komentar:

Posting Komentar